Bagaimana memulai kegiatan blogging dari awal ?

Bagaimana memulai kegiatan blogging dari awal ? - Blogging merupakan aktivitas yang dilakukan dengan cara menulis artikel di blog dan membagikannya kepada orang lain. Namun agar artikel yang anda tulis bisa dibaca oleh orang lain, diperlukan usaha untuk melakukan optimasi. Usaha-usaha optimasi tersebut bisa anda pelajari dalam ilmu SEO (Search engin optimization), bisa anda cari di google atau situs tempat belajar SEO, karena berhubung blog ini masih baru belum sampai membahas tentang SEO. Oke mari kita lanjutkan ke topik pembahasan. Yang menjadi pertanyaan anda saat baru memulai dan bahkan baru mengenal yang namanya blog adalah Bagaimana sih cara memulai kegiatan blogging dari awal sampai menjadi blogger yang sukses ? inilah pertanyaan ketikan anda baru mengenal blog. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam memulai kegiatan blogging sehingga nantinya anda tidak salah arah dalam melakukan aktivitas tersebut.


Blogging

Dari pertanyaan anda di atas dapat saya simpulkan beberapa poin yang harus anda lakukan ketikan baru memulai kegiatan blogging. Diantara poin-poin tersebut sebagai berikut.

1. Tentukan tujuan anda ngeblog

Berbicara mengenai tujuan, tentunya setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Nah dalam dunia blogging menentukan tujuan sangatlah penting untuk menunjang aktivitas anda kedepannya. Sebenarnya orang ngeblog mempunyai 2 tujuan yang berbeda. Yang pertama adalah hanya sebagai pengisi waktu luang saja, jika tujuan anda ngeblog hanya sebagai pengisi waktu luang, maka kegiatan ini tidak mengharuskan anda untuk melakukan hal-hal yang lebih dalam lagi mengenai blog, misalnya mempelajari SEO lebih dalam. Anda tidak harus melakukan hal tersebut karena dalam melakukan aktivitas ini anda tidak dituntut untuk hal tersebut, anda bisa saja mempelajarinya juga (intinya bebas melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan blog). Yang kedua adalah ngeblog dengan tujuan mencapai kesuksesan dan ingin populer. Berbicara mengenai kesuksesan dalam hal ngeblog tentunya anda tidak terlepas dengan semua ilmu-ilmu blogging, terutama SEO, penulisan artikel, desain web dll. Jadi hal tersebut perlu anda pelajari untuk dapat mempopulerkan blog anda sehingga lebih dikenal oleh orang-orang. Terlebih kita ketahui juga bahwa blog dapat menghasilkan uang dan inilah yang menjadi faktor mengapa anda dan blogger lainnya ingin sukses di dunia blogging.

2. Tentukan Topik utama blog

Topik atau biasa disebut dengan niche blog adalah isi yang akan dibahas pada blog anda. Setelah anda selesai dan mantap menentukan tujuan anda melakukan aktivitas blogging terutama tujuan yang kedua tadi, maka selanjutnya anda diharapkan menentukan topik utama yang akan dibahas pada blog anda. Mengapa harus menentukan topik utama ? Mengapa tidak semua topik yang dibahas ? Anda tentu mempunyai minat dan hobi tersendiri mengenai sesuatu, tidak ada salahnya jika hobi anda atau hal yang anda kuasai menjadi topik utama dalam blog anda, sehingga dalam menulis artikel anda tidak kebingungan dalam merangkai kata-kata. Akan tetapi jika anda memilih membahas semua topik dikhawatirkan artikel yang anda bahas kurang begitu menarik, mengapa demikian ? karena anda pasti akan membahas juga topik yang belum anda kuasai sehingga hasilnya tidak maksimal. Jadi sebaiknya bahaslah satu topik pada blog anda sesuai hobi dan kemampuan anda.

3. Belajar dan mencari informasi mengenai ilmu blogging dari banyak sumber/referensi

Setelah kedua komponen pada poin pertama dan kedua tersebut sudah anda tentukan, maka selanjutnya anda mulai menulis artikel (sebelumnya membuat blog dulu) yang anda ketahui, membagikannya kepada orang-orang lewat mesin pencari, sosial media dll. Perlu diketahui dalam melakukan hal yang mengarah kepada banyaknya pembaca yang datang ke blog anda, maka anda perlu belajar untuk optimasi blog, belajar ilmu SEO, mempelajari lebih dalam lagi tentang blog, bagaimana sistemnya sehingga tidak melanggar aturan, dan juga belajar mengenali kode-kode struktur dalam template blog, belajar sedikit demi sedikit tentang HTML, CSS dll. Dengan mempelajari semua itu maka akan lebih mempermudah anda dalam melakukan kegiatan blogging dan membuat blog anda menjadi populer baik itu di mata mesin pencari dan juga orang-orang banyak. Jadi belajarlah dengan tekun baik melalui kursus blog ataupun otodidak melalui berbagi referensi.

4. Tetap tekun dan konsisten dalam membangun

Dalam melakukan aktivitas blogging, terutama bagi anda yang mempunyai tujuan ingin sukses di dunia blogging, maka sangat dibutuhkan ketekunan dalam melakukan kegiatan tersebut, sehingga dalam perjalanan ngeblog anda tidak mudah tergoyahkan dan juga agar waktu anda tidak terbuang sia-sia karena tidak mendapatkan apa-apa. Jadi ketekunan menjadi modal utama yang sangat penting yang harus anda miliki dalam melakukan aktivitas ataupun kegiatan blogging dan bahkan kegiatan lainnya, seperti belajar baik itu belajar di sekolah maupun belajar hal-hal dalam dunia blogging

Penutup:

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu anda lakukan dalam melakukan kegiatan blogging, tetapi menurut saya ke empat poin tersebut diatas merupakan poin-poin utama dalam ngeblog yang perlu anda lakukan, jadi belajar dan terus belajar, mencari ilmu lewat banyak referensi, ambil yang positif dan buang yang negatif. Oke sekian artikel kali ini, semoga apa yang anda baca dapat bermanfaat buat anda, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.
Previous
Next Post »